Layanan Blackberry Tidak Akan Dihentikan


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah tidak akan menghentikan layanan Blackberry Internet Services (BIS) besutan Research In Motion (RIM). Meski, RIM belum mematuhi kesepakatan untuk membangun server lokal di Indonesia.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto mengaku cukup menyesalkan RIM karena membangun regional network aggregator-nya di Singapura. Namun Gatot juga menegaskan belum ada keinginan pemerintah memblokir layanan itu. “Kami tidak akan memblokir layanan Blackberry,” kata Gatot kepada Kompas Tekno.

Hingga saat ini, pemerintah hanya memfasilitasi diskusi antara pihak RIM dengan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk mencari titik temu soal empat komitmen RIM kepada pengguna Blackberry di Indonesia.

Gatot menegaskan pemerintah tidak akan tinggal diam apabila RIM melanggar komitmen yang telah disepakati bersama pada Januari 2011 lalu. “Semua diurus oleh BRTI, kami hanya membuat kebijakan setelah menerima rekomendasi atau pandangan dari BRTI dan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Anggota BRTI Heru Sutadi sempat mengimbau kepada pihak RIM agar membangun server lokal di Indonesia. Jika tidak mematuhi, Heru sempat melontarkan ide bahwa BRTI bisa saja memberi rekomendasi untuk menghentikan sementara layanan BlackBerry Internet Service (BIS) di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s